Selasa, 05 Mei 2020

Teori Sigmund Freud

          Ilmuan lain yang mengkaji tentang Fikiran manusia adalah Sigmund Freud (lahir di Freiberg, 6 Mei 1856 – meninggal di London, 23 September 1939 pada umur 83 tahun) adalah seorang Pendiri Aliran Psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi.
          
          Menurut Freud, kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran, yakni: sadar (conscious), prasadar (preconscious), dan bawah sadar (unconscious). Konsep dari teori Freud yang paling terkenal adalah tentang Adanya Alam Bawah Sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku.           
          Selain itu, dia juga memberikan pernyataan bahwa perilaku manusia didasari pada hasrat seksualitas (eros) yang pada awalnya dirasakan oleh manusia semenjak kecil dari ibunya.
          Laiknya gunung es yang muncul di permukaan, yang tampak hanya 12 % saja, 88 % sisanya masih tenggelam di dalam lautan.

          Yang 12 % itu dise-but sebagai alam atau pikiran sadar (conscious mind). Sisanya, 88 % disebut alam bawah sadar (unconscious).

          Antara alam sadar dan bawah sadar dibatasi se-buah garis filter yang disebut Reticular Activating System atau biasa disebut Critical Area.

          Garis ini berfungsi melindungi manusia dari informasi-inforrnasi yang tak perlu, sehingga seseorang tetap terlihat sadar dan waras. Nah, selama ini, kemampuan otak yang digunakan oleh manusia hanya 12 %, sisanya tenggelam dalam diri kita.
          Bayangkan, dengan 12 % dari keseluruhan otak manusia, kita sudah sedemikian hebat. Bisa hitung-menghitung, bisa menelurkan gagasan-gagasan baru yang begitu spetakuler, mampu menghasilkan robot-robot dan mesin-mesin elektronik yang sangat hebat dan sebagainya. Lalu bagaimana jika kemampuan otak yang 88 % itu kita bisa manfaatkan?

          Setelah mengetahui kebenaran pikiran bawah sadar tersebut, apakah benar dengan menggali 88 % potensi yang masih tertanam dalam diri kita, kita dapat mengubah hidup dan kehidupan kita menjadi luar biasa, menjadi orang yang selalu diliputi oleh Keberuntungan dan Nasib Baik? Apakah sehebat itu Fenomena Alam Bawah Sadar atau yang biasa disebut UNCONSCIOUS MIND ??

Suci Raharjo, S.AP, M.A, CH, CHt, CF.NLP, C.HLC
FOUNDER RAHARJO INSTITUT
0838-77040468
0857-80173287

Ig: @raharjoinstitut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengurus RAIN 2021 - 2022