Selasa, 05 Mei 2020

Gelombang Otak



Gambar: http://kimontok.blogspot.com/2016/09/relaksasi-gelombang-otak-cara-cepat.html

Kali ini kita akan belajar tentang Gelombang Otak secara dasar.

Gelombang otak dapat diukur dengan sebuah alat bernama Electroencephalogram (EEG). Penemu EEG adalah Hans Berger (1919-1938) yang merupakan seorang Profesor Psikiater berasal dari Jerman yang menemukan EEG.

EEG adalah sebuah alat yang mampu memvisualisasikan gelombang otak manusia ke dalam bentuk grafik. Penelitian menunjukan bahwa gelombang otak (brainwave) tidak hanya menunjukkan kondisi pikiran dan tubuh seseorang, tetapi dapat juga distimulasi untuk mengubah kondisi mental seseorang.

Gelombang Otak dibagi menjadi Lima Jenis Gelombang Otak: Gamma, Beta, Alpha, Theta dan Delta. Secara singkat berikut penjelasannya : 

Gamma adalah gelombang otak yang terjadi saat kita berada dalam sebuah konflik yang intens

Beta merupakan gelombang otak yang terjadi saat kita berada di kondisi sedang berkonsentrasi atau fokus pada aktivitas yang sedang dilakukan.

Delta memancarkan frekuensi paling tenang di mana kita tertidur lelap. 

Alpha dan Theta, dua gelombang inilah yang membantu kita membuat program-program ingatan jangka panjang di alam bawah sadar.

Saat berada di gelombang Alpha, tubuh kita berada dalam kondisi sangat relaks biasanya ditemukan ketika sudah merasa mengantuk dan hendak tidur. Selagi melamun gelombang ini juga lah yang memainkan peranan. Hormon serotonin dan endorfin dilepaskan sesaat gelombang Alpha aktif. Perasaan tenang, nyaman dan bahagia muncul ketika gelombang ini terpancar.

Hampir mirip dengan gelombang Theta. Gelombang ini berpendar bila kita mengalami tidur ringan atau dalam situasi sangat hening dan tenang seperti kala meditasi atau terapi hipnosis. Itulah mengapa sering kali terdapat seseorang yang mengatakan afirmasi-afirmasi positif ketika meditasi atau hipnosis. Dalam frekuensi ini pikiran kita bisa sangat inspiratif, kreatif, dan intuitif karena kondisi otak berada dalam fokus penuh tanpa distraksi.

Nah dengan mengetahui Gelombang Otak tersebut, kita dapat memprogramnya untuk mencapai hasil maksimal yang kita inginkan bagi kita dan kehidupan kita. Banyak pakar-pakar yang membuat Cara Program untuk memaksimalkan Gelombang Otak tersebut.

Diantaranya adalah

1. Hypnosis
2. Neuro Linguistik Program (NLP)
3. Self Talk

Suci Raharjo, S.AP, M.A, CH, CHt, CF.NLP, C.HLC
FOUNDER RAHARJO INSTITUT
0838-77040468
0857-80173287

Ig: @raharjoinstitut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengurus RAIN 2021 - 2022