Minggu, 11 Oktober 2020

Berdamai Dengan Masa Lalu

 


Berdamai Dengan Masa Lalu - Raih Masa Depan Cerahmu

Coach Ahmad Rizal, CT.NNLP

Ada sebuah Quotes yang saya dapat dari teman, temannya teman, yg sumbernya saya tidak ketahui

“Selama kau tidak memaafkan masa lalumu, kau akan terus menyakiti siapa pun yang mencintaimu.”

Masa lalu adalah sesuatu yang sangat PENTING untuk diperhatikan SEBELUM melangkah dengan MANTAP ke masa depan. KENAPA?

Karena kebanyakan orang gagal karena masih terikat oleh HABBIT, TRAUMA, KENANGAN, EMOSI, di masa lalu. Kita bisa menyebutnya IKATAN di masa lalu

Ikatan ini cenderung jelek, jenderung negative. So, kenapa harus memelihara sesuatu yang negative. LEPASKAN SAJA. Mudah kan ??

Iya harusnya mudah, sayangnya tidak semua orang bisa melepaskannya.

Tidak semua orang bisa MELEPASKANNYA, tidak semua orang bisa MELUPAKANNYA. Betul, saya akui itu, namun kita harus berusaha melakukannya jika ingin SUKSES dimasa depan.

Contoh : Seseorang yang patah hati di masa lalu, tentu dia akan sangat hati2 jika memulai lagi perjalanan cinta nya di masa depan. Jika dia diselingkuhi, tentu dia akan mencari cewek yang setia. Jika dia dtinggal pergi karena alas an ekonomi, fisik, atau meninggal tentu dia akan memilih pasangan yang sesuai dengan masa lalu nya.

Sayangnya, kebanyakan orang memilih tipe yang sama dengan mantan sebelumnya. Kenapa ? mungkin ada yang tahu jawabannya ?

Karena dia belum mampu berdamai dengan masa lalu nya. Dia masih penasaran untuk menaklukan sang pujaan hati, sang ex kekasih yang telah meninggalkannya, si durjana yang telah mengkhianati nya.

Ada juga yang secara fisik tidak mirip, namun secara psikis dan perilaku mirip. Itu artinya dia belum mampu melupakan masa lalu nya. Dia masih berharap bisa berjalan dengan masa lalunya, padahal tidak.

Ada yang pasangan berbeda total dengan mantannya, namun dia menerapkan aturan yang sangat ketat / posesif demi kepuasannya sendiri. Ingaat, anda berhubungan, berpacaran itu 2 pihak, bukan 1 pihak. Jika anda membuat pasangan anda sesuai dengan keinginan anda, Cuma 2 yang terjadi. Anda ditinggalkan atau pasangan anda GILA.

Iklaskan, lepaskan, maafkan masa lalu anda. Tidak mudah tapi bisa. Anda lah yang berhak menentukan masa depan anda. BUKAN orang lain, BUKAN masa lalu anda.

Trauma yang anda alami saat kecil, dilecehkan, dibully, tindak kekerasan oleh orang tua, adalah masa lalu yang kelam yang bisa mempengaruhi secara NEGATIF terhadap masa depan anda

Masa lalu harus anda LUPAKAN, LEPASKAN, MAAFKAN agar HATI anda TENANG, DAMAI, dan bisa menyambut masa depan dengan lebih CERAH.

Ada contoh seorang perempuan yang selalu mencari pasangan yang suka selingkuh. Pacar pertama selingkuh, pacar kedua selingkuh, pacar ketiga selingkuh ? knapa kok begitu ? setelah ditelusuri, dimasalalu nya, dia ingin balas dendam dengan ayahnya, laki2, yang sudah menyelingkuhi ibunya. Dia ternyata membutuhkan rasa penyesalan dari laki2, rasa sebagai pahlawan yang telah menyelamatkan jiwa para lelaki tsb yang menyesal karena berselingkuh. Wanita ini yang belum selesai dengan masa lalu nya. Jika dibiarkan, dia tidak akan tenang, tidak akan selesai ritme nya, sehingga timeline nya akan terulang terus menerus. SOLUSI NYA, dia harus memaafkan masa lalu nya, menyembuhkan trauma nya, menemukan jawabannya.

Para pakar akan membantu anda melupakan, Memaafkan, Melepaskan masa lalu anda. Trauma, Kekesalan, Kenangan negative, bisa dihilangkan dalam waktu tertentu.

Saya akan kasih contoh lagi tentang masa lalu (terkait ekonomi)

Banyak dari kita suka uang, namun fakta nya masa lalu kita membenci sekali Uang, sehingga begitu dapat uang, uang segera pergi. Ada yang tahu kenapa ?

Karena SEJAK KECIL kita dikasih mental, dikasih kenangan, dikasih pengalaman, bahwa uang itu sumber masalah, sumber kekacauan, sulit didapat, sehingga saat dapat uang, apa yang dilakukan?? Segera MEMBELANJAKANNYA, MEMBUANGNYA, MEMINDAHKANNYA.

Hal ini mengakibatkan kita menjadi ANTI dengan Uang, dan itu dibawah sadar. Jangan meremehkan hal ini, karena jika anda tidak memperbaiki, anda akan terus miskin, susah uang dan tidak bisa kaya. Perbaiki masalalu anda dengan mengubah mindset anda.

 

SESI TANYA JAWAB

1. Pertanyaan: Saya dulu waktu SMP & SMA selalu dibully, saya selalu saja teringat masa saat saya dibully. Bagaimana Cara melupakannya pak? Terima kasih

Jawaban: Saya sangat tidak setuju dengan Bullying. Dan saya selalu mengecam segala macam tindakan bullying termasuk di kantor. Saya melarang senioritas dikantor. Untuk kasusnya mbak Sonia Putri, yang dilakukan adalah MEMINTA MAAF secara langsung kepada orang yg membully tsb. Kok malah meminta MAAF ? kan bukan mbak Sonia yang salah. Betul, mbak Sonia memang ga salah, tapi gara2 hal tsb, pikiran bawah sadar anda terus mengingat2 kejadian buruk tersebut. Dan ini bisa menghambat mbak terhadap masa depan mbak Sonia sendiri.

2. Pertanyaan: Izin bertanya,disini saya terkadang tidak fokus, dengan keberhasilan orang lain sehingga mempengaruhi impian saya yang seharusnya saya fokus pada impian saya,saya malah mencoba hal baru yang membuat orang tersebut berhasil,nah adakah cara untuk menghilangkan hal tersebut dari pikiran dan hati saya?

Jawaban: Baik mas Riyan, Begini Mas, kesuksesan tiap orang berbeda2 seperti yang saya bilang tidak ada bunga yang mekar bersamaaan di seluruh dunia, Artinya tiap orang punya WAKTU kesuksesan yang BERBEDA2 dan ARTI KESUKSESAN yang berbeda2 pula.Jadi jika ada temanmu, tetanggamu, sodaramu, sahabatmu, sudah SUKSES dibidang yang mereka tekuni, jangan berkecil hati. UCAPKAN SELAMAT dengan tulus dan berdoa kamu bisa mencapai nya juga di lain hari. KARENA tidak ada SEORANG pun didunia ini yang menjamin apa yang terjadi di hari ESOK.

Ada yang sukses berbisnis di usia muda, ada yang sukses di usia 35 an, ada yang sukses setelah pensiun, ada yang sukses ketika berusia 70 tahun!!

3. Pertanyaan: Trimakasih Coach.

- Apakah karakter dan kepribadian ini juga dipengarui masa lalu yg masih belum diselesaikan/dimaafkan

- Bagaimana cara memaafkan dengan total menghapus trauma masa lalu

Jawaban: Mbak, itu yg saya maksud untuk mengobati masa lalu. Karena bisa mempengaruhi masa depan anda bahkan keluarga anda. Trauma masa lalu terkait tindak kekerasan yang dilakukan orang tua kita, bisa mengakibatkan trauma baru di anak2 kita. Saran saya segera ketemu pakar psikologi/hynoterapi untuk membanti anda menghilangkan masa lalu anda ini.

4. Pertanyaan: Terimakasih Coach dan moderator. Mau ikut tanya. Saya waktu kecil tinggal terpisah dengan orang tua yang menikah lagi dengan orang lain, dan saya tinggal bersama kakek nenek saya. Hingga sekarang seperti masih ada trauma batin sehingga saya cenderung keras pada anak-anak saya, karena dari waktu kecil dulu saya merasa tidak diperhatikan oleh ibu kandung saya.

Jawaban: Namun jika anda berkeringat dingin jika anda melewati 3-4 orang, tidak nyaman padahal itu di mall, atau dikantor yg anda kenal, sepertinya anda perlu diterapi lagi sama mentor anda. Bicarakan lg hal2 yang membuat anda tidak nyaman tsb ke mentor anda sehingga sang mentor bisa membantu anda kembali.

Jika anda tidak Pede atau kurang percaya diri saja, saat presentasi, saat didepan orang banyak, cukup diterapi kecemasan saja mbak. Saya rasa banyak pakar hypnoterapi atau hypnotis bisa membantu anda di grup ini

5. Pertanyaan: Selamat Malam Coach, saya mau bertanya soal Melepaskan masa lalu. Saya punya trauma masa kecil yg cukup berat, dan bertahun-tahun saya sulit untuk keluar dari lingkaran trauma itu sampai suatu saat, saya ketemu sama seorang mentor di tempat saya, lalu saya mulai pulih dan sampai sekarang ada beberapa perubahan yg terus saya rasakan dalam diri saya hanya saja, kadang masih suka muncul perasaan minder dan gak nyaman, apalagi dengan lingkungan baru, Apakah situasi ini berarti, trauma saya itu belum sepenuhnya selesai atau memang karena ada faktor lain? Saya kalau jalan trus ngelewatin sekelompok org sedang berkerumun, suka gak PD dan pengen cepat2 berlalu atau seandainya ada jalan yg lain, saya akan lewat dari jalan itu. Mohon bimbingannya. Terima Kasih

Jawaban: Namun jika anda berkeringat dingin jika anda melewati 3-4 orang, tidak nyaman padahal itu di mall, atau dikantor yg anda kenal, sepertinya anda perlu diterapi lagi sama mentor anda. Bicarakan lg hal2 yang membuat anda tidak nyaman tsb ke mentor anda sehingga sang mentor bisa membantu anda kembali.

Jika anda tidak Pede atau kurang percaya diri saja, saat presentasi, saat didepan orang banyak, cukup diterapi kecemasan saja mbak. Saya rasa banyak pakar hypnoterapi atau hypnotis bisa membantu anda di grup ini

6. Pertanyaan: Selamat malam Coach, ijin bertanya, sederhana saja ya Coach. Apakah perlu terapi atau konsultasi (sebelum menikah), untuk hilang kan trauma atau bekas dari sifat toxic dari orangtua, keluarga, lingkungan Coach? Apakah sifat & pengaruh toxic itu bertingkat? masih belajar sekilas Coach

Jawaban: Jawaban saya PERLU demi masa depan yang LEBIH BAIK, LEBIH DAMAI, dan LEBIH CERAH & SUKSES. Level dan efek toxic itu macam2, dan tingkatannya tergantung dari masing2 disiplin ilmu mas Satria. Pengobatannya, terapi nya sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing juga.

7. Pertanyaan: Saya mau bertanya,  bagaimana caranya untuk melepaskn masa lalu ya membuat kita trauma.Contoh  Seperti seseorang yg beberapa kali gagal dlm berumah tangga,  dan krna ada trauma dimasa lalu, sehingga untuk mencoba menjalin hubungan kembali masih ada keraguan dan masih bimbang

Jawaban: Halo Mas Ilham. Tetap semangaat ya dalam hidup. Mas Ilham, tidak berjodoh Panjang dalam pernikahan adalah hall umrah di masa modern ini, di masa ini. Bukan hal tabu, krn berbagai cobaan yang lebih berat dimasa ini. Jangan berkecil hati. Masa lalu yang ini PASTI sgat mempengaruhi. Anda merasa sudah GAGAL membina rumah tangga, Anda sudah GAGAL sebagai suami, dan gagal2 lainnya. BUANG SEMUA PERASAAN itu, BUANG SEMUA hal2 yang mendiskritkan anda jadi seperti itu

Ganti menjadi seperti ini :

Anda sudah berhasil mengarungi sebuah pernikahan yang bagus namun berpisah karena takdir TUHAN. Mantan bisa menjalin hub yg baru dengan org yg baik, Anda juga bisa menjalin hub baru yan lebih baik dengan orang yang lebih baik. Semua masalah yang menyertai anda adalah sebuah pengalaman berharga, anda mendapat anugerah untuk belajar lebih baik lagi dalam membina keluarga baru nantinya. Anda tidak GAGAL, anda disuruh TUHAN menjadi lebih siap lagi, lebih baik lagi.

Maafkan mantan istri anda, maafkan keluarga mantan istri anda, jika perlu TEMUI dan mintaa MAAF langsung WALAU ANDA TIDAK SALAH !!!! Ini demi kebaikan anda sendiri, demi ketenangan hati anda. Meminta maaf adalah solusi HATI TENANG. Jika sudah, lanjutkan hidup anda. CARI Pasangan baru, INGAT anda dapat kesempatan baru dari TUHAN. Berikan pilihan yang terbaik,namun jgn berharap dapat pasangan TERBAIK. Terima lah pasangan itu sebagai pilihan dari TUHAN untukmu untuk kamu jaga seumur hidupmu.

INGAT PASANGAN SEMPURNA Cuma ada di SURGA 

8. Pertanyaan: Dalam melepaskan masa lalu, ada saatnya kadang saya sudah merasa melepaskan masa lalu coach. Tapi karena hidup yang terus berjalan dan semakin bertambah juga berbagai masa lalu, akhirnya muncul kembali berbagai masalah-masalah baru, bagaimana mengatasi hal tersebut? Karena juga umur yang terus bertambah, masa lalu yang semakin panjang dengan berbagai pengalaman yang kita alami, berbagai hal dan masalah baru juga berdatangan dan akan menjadi masa lalu kita nantinya, Terimakasih banyak coach

Jawaban: Terima kasih mbak Nurul. Untuk lebih indah nya, setiap hal yang terjadi dalam hidup ini, anda terima sebagai bagian dari TAKDIR ALLAH. Jika belum terjadi, anda boleh berjuang sekuat tenaga untuk mencapai apa yang anda inginkan, apa yang anda targetkan. Jika sudah terjadi, IKLASKAN, RELAKAN, SYUKURI bahwa ini sudah TAKDIR TUHAN. Jangan mengungkit2, mencari penyebab yg aneh2, menghubung2kan dengan klenik, misal krn “dikerjain” oleh orang usil dll. Jika anda lakukan ini, anda tidak punya beban masa lalu. Anda tidak perlu memperbaiki masa lalu krn masa lalu anda sudah anda lepaskan dari awal.

Disampaikan Oleh Coach Ahmad Rizal, CT.NNLP

+62 811-3119-7072
 

Di Whatsapp Group Raharjo Institut (RAIN)

pada Sabtu, 03 Oktober 2020

Notulen

Reza Fathurrohman  
+62 895-3911-99827
 
Poster
 
Wiwi Parwati
+62 838-9863-2303

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengurus RAIN 2021 - 2022